Mengenal Teleprompter Alat Bantu Berpidato Yang Dipake Prabowo Dalam ‘Pidato Kebangsaan’

Penampilan Prabowo Subianto dalam berpidato panjang dalam ‘Pidato Kebangsaan’-nya tampak sukses. Tak sedikit pun dia kehilangan fokus dalam tema yang dibicarakan sepanjang pidato. Penampilan menawan dikala beretorika tersebut tak lepas dari alat bantu baca yang disebut Teleprompter. Keberadaan alat itu terletak di dua lokasi di sisi kanan dan kiri tak jauh dari mimbar berpidato. Teleprompter menjadi panduan dikala memaparkan suatu hal di hadapan khalayakan luas.

Dari sudut pandang audiens (yang tidak mengetahui atau mengenali Telepromter) pembicara ibarat berkomunikasi dengan lugas tanpa teks. Alat ini sanggup berisi naskah pidato atau poin poin penting yang ingin disampaikan. Dengan begitu, kemungkinan pembicaraan melebar sanggup diminimalisir.

Sebelum Prabowo, mantan presiden SBY juga menggunakannya dalam beberapa kesempatan dikala berpidato. Seorang pengguna teleprompter di layar beling akan tampak fokus, dan tampak menguasai bahan presentasi tanpa menengok teks yang umumnya diletakkan di mimbar atau meja.