Inilah Platform Investasi yang Paling Menguntungkan Tahun 2019

Mengalokasikan penghasilan untuk berinvestasi merupakan hal yang penting untuk menjaga perputaran uang pribadi sekaligus menjadi cara untuk menjaga ‘keamanan’ uang. Berinvestasi sejak dulu bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya membeli tanah, membeli emas, dan menanam saham di pasar modal. Namun cara-cara tersebut merupakan cara lama.

Cara baru berinvestasi, terutama untuk kalangan milenials yang sudah terbiasa dengan sentuhan teknologi dalam segala aspek kehidupan tentunya akan menemukan kemudahan dalam berinvestasi melalui platform digital Peer to Peer Landing yang berarti pemberian pinjaman yang dilakukan dalam sebuah platform digital yang bekerja sama seperti marketplace atau e-commerce. Dalam platform ini, para peminjam modal dan calon pemberi dana atau yang disebut juga investor dipertemukan. Melalui platform inilah investasi paling menguntungkan itu dilakukan.

Aplikasi investasi ini memungkinkan Anda untuk menginvestasikan uang dari penghasilan Anda yang segala prosesnya berlangsung di layar gawai Anda. Investasi ini mengambil keuntungan dengan meminjamkan dana kepada pihak yang membutuhkan, yang nantinya akan membayar dana pinjaman tersebut secara berangsur per bulan setelah dikenakan suku bunga sesuai dengan perjanjian yang dilakukan pada saat proses pengajuan dana. Besaran suku bunga yang diberikan kepada peminjam bergantung pada beragam faktor, dan batasnya ditentukan oleh platform penyedia layanan Peer to Peer Landing (P2P Lending) ini.

Satu kali install, maka Anda bisa memantau calon peminjam dana yang potensial, mengakses informasi dan melakukan analisa kelayakan calon peminjam, dan memantau aktivitas pembayaran bulanan yang dilakukan oleh si peminjam. Anda juga bisa memberikan pinjaman ke lebih dari satu pihak saja. Pinjaman yang diberikan dapat berupa pinjaman dana modal usaha untuk kalangan bisnis UMKM, pinjaman dana pendidikan, dan pinjaman dana kesehatan. Dengan memberikan pinjaman dana bagi pihak yang membutuhkan, berinvestasi melalui platform P2P Lending ini menguntungkan secara sosial, dengan cara membantu orang yang membutuhkan dana. Selain itu dengan berinvestasi melalui P2P Lending, Anda membantu meratakan persebaran keuangan di kalangan masyarakat, sehingga investasi jenis ini menguntungkan juga bagi pemerintah dan didukung keberadaannya.

Berinvestasi melalui platform investasi digital akan mendapat keuntungan dari suku bunga yang diterapkan kepada peminjam modal. Besaran suku bunga ini tergantung pada kondisi si peminjam dan batas maksimalnya ditentukan oleh masing-masing platform penyedia layanan investasi digital P2P Lending. Semakin besar resiko yang dimiliki peminjam modal, maka suku bunga yang diterapkan pun semakin besar. Memang, semua jenis investasi tentu memiliki resikonya masing-masing, begitu juga dengan investasi digital melalui platform P2P Lending ini.

Resiko yang dimiliki oleh jenis investasi pada platform pinjam meminjam online ini berupa hambatan bayar dari si peminjam, atau tidak bayar sama sekali. Untuk itu dilakukan antisipasi berupa penyaringan secara seksama atas kelayakan pihak calon peminjam atas pinjaman yang diajukan. Antisipasi ini dilakukan sebagai langkah paling pertama untuk mencegah kejadian tak mengenakkan terjadi di kemudian hari. Pemodal atau investor hendaknya melakukan analisa secara hati-hati dan seksama, tak langsung membuat keputusan secara singkat untuk meminjamkan dananya kepada orang lain. Perhatikan track record si calon peminjam, kondisi ekonomi dan penghasilannya, pekerjaan, hingga informasi pribadi seperti latar belakang pendidikan, dan lain sebagainya. Ada juga platform P2P lending untuk berinvestasi yang menyediakan fitur filter calon peminjam, sehingga calon peminjam yang ditampilkan telah lebih dahulu melewati proses seleksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *