Cara Merawat Blender Yang Benar

Cara Merawat Blender Yang Benar – Blender merupakan alat elektronik yang mempunyai fungsi untuk menghancurkan dan menghaluskan materi makanan. Blender umumnya dipakai untuk menghaluskan aneka buah-buahan yang akan dijadikan juice. Selain untuk menciptakan aneka juice, blender juga kerap dipakai untuk menghaluskan aneka bumbu dapur untuk memasak. Mengingat fungsinya yang sangat membantu mempermudah pengolahan materi makanan, maka blender harus dirawat dengan baik, supaya terus sanggup dipakai dalam waktu yang lama.
Bagi Anda yang mempunyai blender dan ingin supaya blender tersebut sanggup terus dipakai dalam waktu yang lama, berikut ini tips merawat blender yang sanggup Anda lakukan :
Menggunakan Blender
– Jangan memasukan materi kuliner yang akan diolah melebihi kapasitas tabung blender, lantaran hal tersebut sanggup menciptakan motor pemutar mata pisau bekerja terlalu keras yang akhirnya sanggup merusak motor pemutar mata pisau akhir terlalu panas.
– Pada blender biasanya mempunyai aneka macam jenis mata pisau, silahkan gunakan yang sesuai dengan jenis materi kuliner yang akan diolah. Jika ukuran materi kuliner yang akan dihaluskan terlalu besar, sebaiknya materi kuliner tersebut dipotong-potong menjadi beberapa pecahan sebelum dimasukan kedalam tabung blender untuk dihaluskan.
– Atur kecepatan putaran mata pisau sesuai dengan materi kuliner yang akan diolah. Jangan menyalakan blender terlalu usang lantaran hal tersebut akan menciptakan mesin blender cepat panas dan hasilnya blender akan cepat mengalami kerusakan. Bacalah petunjuk penggunaan blender pada buku manual yang ada untuk mengetahui cara memakai yang tepat.
Membersihkan Blender
– Setelah selesai digunakan, segera basuh tabung blender dan jangan dibiarkan terlalu usang dalam keadaan kotor lantaran sanggup menjadikan amis yang tidak sedap dan akan menjadi sarang bakteri. Untuk mencucinya, isi tabung blender dengan air hangat sampai seperempat atau setengahnya. Untuk menghilangkan amis yang ada, tambahkan air perasan jeruk nipis secukupnya. selanjutnya nyalakan blender selama beberapa menit sampai semua kotoran tersapu bersih. 
– Setelah tabung blender terlihat bersih, cabut kabel power dari stop kontak dan lepaskan tabung blender dari tempatnya kemudian basuh tabung dengan air sabun berikut tutupnya. Setelah itu bilas dengan air higienis dan keringkan. Keringkan juga mata pisaunya, lakukan dengan hati-hati. Untuk tubuh mesin blender, gunakan lap lembab untuk membersihkannya.
– Setelah selesai dibersihkan, simpan blender pada tempatnya kemudian letakan ditempat yang kering dan kondusif dari jangkauan anak-anak.
Itulah Cara Merawat Blender Yang Benar agar abadi sehingga sanggup terus dipakai untuk jangka waktu yang lama. Gunakan blender Anda sesuai kapasitasnya. Semoga bermanfaat.